Pamali? Kehamilan Pertama? Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Hamil Trimester Pertama!!!

Selamat bagi kamu atas Kehamilan Pertamanya, mungkin rasanya bahagia sekali mendapat ttespek atau tes kehamilan yang menunjukan dua garis. namun selanjutnya kamu sebagai ibu hamil harus bersiap-siap memasuki trimester pertama dan biasanya tidak mudah. Di fase ini kamu akan mengalami beberapa perubahan baik dari perubahan fisik maupun psikologis.

Dan apa yang harus dilakukan saat Kehamilan Trimester Pertama? Untuk mendukung tumbuh kembang janin saat kehamilan tersebut.

Jadi selain perubahan yang dialami ibu hamil juga terjadi perubahan kepada janin yang di kandung dalam kehamilan trimester pertama tersebut. Apa yang harus dilakukan unuk ibu hamil selama hamil pertama?

Beberapa yang Harus Dilakukan saat Hamil Trimester Pertama

Mungkin kamu dapat membuat list atau sebagai contoh catatan kesehatan ibu hamil dirumah Tentang hal ini:

Temui Dokter Spesialis Kandungan

Hal yang pertama harus dilakukan adalah mencari atau menemui dokter kandungan yang tepat karena kenyamana sangat penting selama kehamilan, oleh sebab itu dengan memilih atau menemui Dokter kandungan yang tepat, kamu sebagai ibu hamil akan merasa aman dan tidak ragu untuk bertanya jawab sepuar kehamilan.

Selain itu kamu akan siap menjalani lika-liku dalam kehidupan sebagai ibu hamil. Jika belum dapat menemui dokter yang tepat, segera bicarakan hal tersebut kepada keluarga dan kerabat terdekat. Dan tidak ada salahnya bertanya tentang rekomendasi dokter yang tepat.

Minum Suplemen atau Vitamin Kehamilan

Setelah melakukan pemeriksaan kehamilan dengan dokter yang tepat, dokter akan memberikan resep berupa suplemen atau vitamin kehamilan. Sangat penting untuk mendapatkan vitamin atau asam folat yang cukup, sebelum dan selama hamil trimester pertama. Mengonsumsi asam folat akan mengurangi resiko bayi mengalami cacat lahir abung saraf seperti spina bifida.

Sebagai ibu hamil membutuhkan 400 mcg suplemen asam fola setiap harinya dan 600 mcg ersebut angka yang direkomendasikan selama kehamilan trimester pertama. Dan jangan lupa untuk mencukupi kebuthan vitamin D sebanyak 10 mcg setiap hari.

Berhenti Merokok/Hindari Asap Rokok

Selain Berbahaya bagi kesehatan Merokok bagi ibu hamil akan meningkatkan resiko keguguran dan juga meningkatkan sejumlah resiko masalah kesehatan pada ibu hamil dan bayi yang dikandung seperti Kehamilan ektopik dan persalinan prematur.

Asap yang di hirup oleh ibu hamil pun juga berbahaya, dapat mempengaruhi bayi yang belum lahir, yaitu mengakibatkan bayi akan lahir dengan berat badan rendah. 

Kurangi Mengonsumsi Kafein

Kamu suka minum kopi? tidak perlu khawatir, sebagai ibu hamil boleh mengonsumsi kopi, tetapi perlu adanya batasan yaitu maksimal sebanyak 200 miligram setiap harinya, setara dengan dua cangkir kopi instan atau secangkir kopi seduh.

Tidak hanya pada kopi, tetapi berlaku untuk semua minuman atau makanan yang mengandung kafein seperti cokelat, teh hingga minuman bersoda.

Perbanyak Istirahat

Merasa lelah atau bahkan kelelahan juga sebagai faktor yang mempengaruhi kesehatan ibu hamil, ketika menapaki trimester pertama kehamilan adalah hal yang biasa terjadi. Ini karena tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan hormon yang begitu pesat. Jadi, tidak ada salahnya untuk memperbanyak istirahat dan membuat diri senyaman mungkin, meskipun kamu sebagai ibu hamil yang mengharuskan untuk bekerja. Luangkan waktu untuk relaksasi agar tidak stres mendapati perubahan pada tubuh nantinya. 

Ketahui juga bahwa kehamilan trimester pertama identik dengan mual dan muntah atau kerap disebut dengan morning sickness. Jika ini terjadi, pastikan ibu tetap mendapatkan asupan air mineral agar terhindar dari dehidrasi. Juga, upayakan untuk tetap makan meski sedikit agar janin tetap mendapatkan nutrisi. Jika muntah terjadi lebih buruk, segera dapatkan perawatan di rumah sakit. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post